“TAGANA Masuk Sekolah” Kenalkan Managemen Penanggulangan Bencana dan pembentuk an petugas penanggulangan bencana sekolah

administrator/ Oktober 14, 2022/ Berita, Kegiatan

Dinas Sosial, P3A- Ponorogo. Program TAGANA Masuk Sekolah merupakan program sinergis antara Kementerian Sosial RI dan Kementerian Pendidikan, serta implementasi dari surat edaran bersama Menteri Pendidikan nomor 4 tahun 2019 dan Menteri Sosial nomor 1 tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan di satuan pendidikan melalui program TMS, yaitu Pengenalan Jenis Bencana dan Model Menghadapi Bencana, Strategi kesiapsiagaan dan mitigasi menghadapi bencana, Pengorganisasian Penanggulangan Bencana di Satuan Pendidikan, Menentukan tanda bahaya yang disepakati dan dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan di satuan Pendidikan, Menentukan dan memasang tanda petunjuk jalur evakuasi dan titik kumpul, Penyampaian informasi/laporan dan permohonan pertolongan, dan Penyelenggaraan kegiatan simulasi kebencanaan secara rutin (14/10/2022).

Kegiatan ini untuk mengedukasi siswa sehingga memiliki kecakapan dan kemampuan dalam menghadapi bencana sedini mungkin.

Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan, Agung Prasetyo S.H,.M.Si dalam sambutanya menyampaikan bahwa sikap kesiapsiagaan bencana harus bisa dikuasai oleh siswa/siswi untuk lebih siap dalam menghadapi bencana dan resikonya.

Tagana Masuk Sekolah kali ini dilaksanakan di SMK N 1 Ponorogo anggota Tagana banyak memberikan materi terkait Pengenalan Bencana, Manajemen penanggulangan bencana, Pembentukan petugas penanggulangan bencana sekolah. Siswa siswi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut mereka tertarik dengan materi yang mungkin tidak akan pernah di dapat selama ini. Ucap salah satu siswi.

Kegiatan tersebut memberikan Perlindungan kepada Siswa, guru, dan tenaga pengajar lainya dari dampak resiko bencana, mengurangi gangguan terhadap pendidikan saat terjadi bencana, tempat belajar lebih aman, dapat di jadikan pusat kegiatan masyarakat dan merupakan sarana sosial yang sangat penting. Ungkap Harjuni. (Yo*).

Share this Post