Menteri PPPA Berkunjung ke Gontor, Pastikan komitmen Pondok penuhi Hak anak.

administrator/ September 13, 2022/ Tak Berkategori

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkunjung ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung proses belajar mengajar dan koordinasi pemantauan kasus terkait perlindungan anak di Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kemenag, Dinas terkait dan hari ini ada kapolda, Bupati Ponorogo, kapolres, kami mohon dukungan teman media. Kami memberikan edukasi supaya kasus tersebut cepat diselesaikan dengan baik,” tutur Bintang saat ditemui di Halaman Polres Ponorogo, Senin (12/9/2022).
Menurut I Gusti Ayu Bintang Darmawati kedatangannya ke Pondok Gontor tersebut untuk kembali mengingatkan bahwa komitmen satuan pendidikan harus memberikan perlindungan terbaik kepada anak.

Mereka (pihak PMDG) komitmen bagaimana mewujudkan Gontor yang betul-betul cinta kepada santri kemudian STOP kekerasan pada anak. Kami pun Kemen PPPA ini kan punya SOP bagaimana satuan pendidikan baik itu pendidikan sekolah, pesantren, madrasah, pondok yang ramah anak,” kata Bintang.
Ia pun berharap SOP itu diikuti oleh pondok pesantren Gontor. Sebagai pusat pendidikan ber asrama sekaligus sekolah yang berbasis agama, Gusti menekankan agar Ponpes memberikan tempat yang nyaman bagi anak didiknya.

Karena dugaan kekerasan itu menjadi perhatian masyarakat luas, sehingga dia menekankan pentingnya penyelesaian kasus dari hulu ke hilir termasuk dari sisi tindakan pencegahan. 
Kemudian mengenai kasus hukum yang sedang berjalan, Gusti menyerahkan kasus tersebut sepenuhnya kepada Polres Ponorogo dan Polda Jatim. Imbuhnya(*).
Menteri PPPA berkeliling pondok di dampingi pihak pondok beserta Bupati Ponorogo Kang Giri.
Share this Post